ALL ABOUT ASK JEEVES J
A. SEJARAH
ASK JEEVES
Ask (dikenal juga sebagai Ask
Jeeves ) adalah berfokus sebagai mesin pencari yang
didirikan pada tahun 1996
oleh Garrett Gruener dan David Warthen di Berkeley, California. Perangkat
lunak dikembangkan oleh Gary
Chevsky dan di desain sendiri.
Ask.com awalnya dikenal
sebagai Ask Jeeves. Terbentuknya Jeeves Ask adalah untuk memungkinkan
pengguna untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan dalam
sehari-hari. Pada tahun 2005,
perusahaan mengumumkan rencana untuk phase
out Jeeves. Pada tanggal 27
Februari 2006, karakter menghilang dari Ask.com.
InterActiveCorp memiliki berbagai situs
termasuk situs khusus negara untuk Inggris,
Jerman, Italia, Jepang, Belanda, dan Spanyol. Pada 5 Juni 2007 Ask.com diluncurkan kembali dengan tampilan 3D. Pada tanggal 16 Mei 2006, Ask menerapkan
"Teropong Preview Situs" ke dalam hasil pencariannya. Pada
halaman hasil pencarian, "Teropong" membiarkan pencari menangkap
halaman mereka yang bisa dikunjungi dengan mouse-over dengan mengaktifkan
screenshot pop-up.
Pada Desember 2007, Ask merilis fitur AskEraser, yang memungkinkan pengguna untuk opt-out dari
pelacakan. Mereka juga berjanji untuk menghapus data ini setelah 18 bulan
jika opsi AskEraser tidak
diatur. Pada 4 Juli 2008 InterActiveCorp mengumumkan akuisisi Lexico Publishing Group. Pada
tanggal 26 Juli 2010, Ask.com merilis tertutup beta Q & A. Layanan ini
dirilis untuk umum pada tanggal 29 Juli
2010. Ask.com meluncurkan ponsel
Q & A app untuk iPhone
pada akhir 2010.
B. ASK
TOOLBAR
Ask Toolbar adalah web-browser add-on yang dapat muncul sebagai
bar tambahan ditambahkan ke jendela browser
dan / atau menu. Hal ini sering dipasang selama proses instalasi
lain, Ask.com telah menandatangani kemitraan dengan beberapa vendor perangkat
lunak, dimana mereka dibayar untuk
mendistribusikan toolbar bersama perangkat lunak mereka.
C. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ASK JEEVES
Kelebihan:
- Keunggulannya adalah ia akan
mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan
- Lebih canggih dan akan menampilkan
lebih banyak informasi pada halaman pertama hasil pencarian ketimbang
Google dan Yahoo!
- Background dari mesin pencari
Ask.com ini bisa diganti-ganti
Kelemahan:
- Databasenya kecil
- Fitur kurang lengkap
- Dari segi tampilan di tinjau biasa
saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata
- Pencarian kata tidak ada filtering
sehingga data yang tidak dicari semua diambil
- Tidak adanya pengelompokkan data
khususnya dalam pembukaan gambar.
D. BERAKHIRNYA
ASK JEEVES
Website search engine Ask.com, yang
dulunya dikenal dengan Ask Jeeves, dulunya adalah website situs pencari yang
paling dikenal. Diluncurkan pada tahun 1996 dan dengan cepat berkembang. Di era
puncak popularitasnya, search engine Ask.com telah menjawab dua juta pencarian
per harinya. Maskot dari website ini, Jeeves the Butler, dikenal oleh banyak
orang. Demikian seperti yang dikutip dari Mashable, Rabu (10/11/2010).
Pada tahun 1999, perusahaan tersebut
melakukan Initial public offering (IPO) dan segalanya terlihat cukup baik, di
saat dimana era internet dot com mulai populer. Lalu beberapa tahun berlalu,
search engine Ask.com kalah bersaing dengan Google. Market share serta
teknologi mereka stagnan sampai akhirnya dibeli oleh konglomerat internet
InterActiveCorp (IAC) sebesar USD1,85 miliar pada tahun 2005.
Lima tahun kemudian, IAC juga belum
menemukan cara agar search engine Ask.com bisa bersaing dengan para pesaingnya.
Menurut layanan berita keuangan Bloomberg, IAC akan menghentikan pekerjaan dari
130 pegawainya di New Jersey dan China, untuk menghentikan pengembangan teknologi
pencarian algoritmik
mereka, dan kembali fokus pada layanan Question dan Answer (Q&A) yang sudah
diluncurkan pada musim panas kemarin.
Doug Leeds, president dari search
engine Ask.com mengatakan bahwa Ask.com akan menghadirkan hasil pencarian dari
salah satu kompetitornya, tidak sama seperti perjanjian Microsoft-Yahoo untuk
pencarian yang dilakukan tahun lalu. IAC sebelumnya sudah memiliki perjanjian
dengan Google, akan tetapi Microsoft telah dengan gesit menemukan cara untuk
memperluas market-share dari Bing.
Search engine Ask.com yang dimiliki
oleh IAC ini masih merupakan salah satu destinasi utama di internet dan revenue
nya telah naik 20 persen sampai USD205 juta pada tahun lalu. Pada pasar
search-engine yang sangat ketat, Ask.com tidak kuat melawan para pesaingnya
yang secara konstan selalu meluncurkan fitur-fitur baru.
Ask.com dan Ask Jeeves mewakili
semangat dari era Web 1.0. Karena hari ini search engine Ask.com mengakhiri
layanan mesin pencarinya, maka pasar search-engine kini jelas milik Google dan
Microsoft.
Source: Ask.com – Search
Engine Ask Akhiri Layanan Mesin Pencarinya
sipp sangat bermanfaat artikelnya
BalasHapus