Minggu, 25 November 2012

ASK JEEVES



ALL ABOUT ASK JEEVES J

A.    SEJARAH ASK JEEVES
            Ask (dikenal juga sebagai Ask Jeeves ) adalah berfokus sebagai mesin pencari yang didirikan pada tahun 1996 oleh Garrett Gruener dan David Warthen di Berkeley, California. Perangkat lunak dikembangkan oleh Gary Chevsky dan di desain sendiri.

       Ask.com awalnya dikenal sebagai Ask Jeeves. Terbentuknya Jeeves Ask adalah untuk memungkinkan pengguna untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan dalam sehari-hari. Pada tahun 2005, perusahaan mengumumkan rencana untuk phase out Jeeves. Pada tanggal 27 Februari 2006, karakter menghilang dari Ask.com.

            InterActiveCorp memiliki berbagai situs termasuk situs khusus negara untuk Inggris, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, dan Spanyol. Pada 5 Juni 2007 Ask.com diluncurkan kembali dengan tampilan 3D. Pada tanggal 16 Mei 2006, Ask menerapkan "Teropong Preview Situs" ke dalam hasil pencariannya. Pada halaman hasil pencarian, "Teropong" membiarkan pencari menangkap halaman mereka yang bisa dikunjungi dengan mouse-over dengan mengaktifkan screenshot pop-up.
            Pada Desember 2007, Ask merilis fitur AskEraser,  yang memungkinkan pengguna untuk opt-out dari pelacakan. Mereka juga berjanji untuk menghapus data ini setelah 18 bulan jika opsi AskEraser tidak diatur. Pada 4 Juli 2008 InterActiveCorp mengumumkan akuisisi Lexico Publishing Group. Pada tanggal 26 Juli 2010, Ask.com merilis tertutup beta Q & A. Layanan ini dirilis untuk umum pada tanggal 29 Juli 2010. Ask.com meluncurkan ponsel Q & A app untuk iPhone pada akhir 2010. 

B.     ASK TOOLBAR

            Ask Toolbar adalah web-browser add-on yang dapat muncul sebagai bar tambahan ditambahkan ke jendela browser dan / atau menu. Hal ini sering dipasang selama proses instalasi lain, Ask.com telah menandatangani kemitraan dengan beberapa vendor perangkat lunak, dimana mereka dibayar untuk mendistribusikan toolbar bersama perangkat lunak mereka.

C.    KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ASK JEEVES
Kelebihan:
  1. Keunggulannya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan
  2. Lebih canggih dan akan menampilkan lebih banyak informasi pada halaman pertama hasil pencarian ketimbang Google dan Yahoo!
  3. Background dari mesin pencari Ask.com ini bisa diganti-ganti
Kelemahan:
  1. Databasenya kecil
  2. Fitur kurang lengkap
  3. Dari segi tampilan di tinjau biasa saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata
  4. Pencarian kata tidak ada filtering sehingga data yang tidak dicari semua diambil
  5. Tidak adanya pengelompokkan data khususnya dalam pembukaan gambar.

D.    BERAKHIRNYA ASK JEEVES

            Website search engine Ask.com, yang dulunya dikenal dengan Ask Jeeves, dulunya adalah website situs pencari yang paling dikenal. Diluncurkan pada tahun 1996 dan dengan cepat berkembang. Di era puncak popularitasnya, search engine Ask.com telah menjawab dua juta pencarian per harinya. Maskot dari website ini, Jeeves the Butler, dikenal oleh banyak orang. Demikian seperti yang dikutip dari Mashable, Rabu (10/11/2010).
            Pada tahun 1999, perusahaan tersebut melakukan Initial public offering (IPO) dan segalanya terlihat cukup baik, di saat dimana era internet dot com mulai populer. Lalu beberapa tahun berlalu, search engine Ask.com kalah bersaing dengan Google. Market share serta teknologi mereka stagnan sampai akhirnya dibeli oleh konglomerat internet InterActiveCorp (IAC) sebesar USD1,85 miliar pada tahun 2005.
            Lima tahun kemudian, IAC juga belum menemukan cara agar search engine Ask.com bisa bersaing dengan para pesaingnya. Menurut layanan berita keuangan Bloomberg, IAC akan menghentikan pekerjaan dari 130 pegawainya di New Jersey dan China, untuk menghentikan pengembangan teknologi pencarian algoritmik mereka, dan kembali fokus pada layanan Question dan Answer (Q&A) yang sudah diluncurkan pada musim panas kemarin.
            Doug Leeds, president dari search engine Ask.com mengatakan bahwa Ask.com akan menghadirkan hasil pencarian dari salah satu kompetitornya, tidak sama seperti perjanjian Microsoft-Yahoo untuk pencarian yang dilakukan tahun lalu. IAC sebelumnya sudah memiliki perjanjian dengan Google, akan tetapi Microsoft telah dengan gesit menemukan cara untuk memperluas market-share dari Bing.
            Search engine Ask.com yang dimiliki oleh IAC ini masih merupakan salah satu destinasi utama di internet dan revenue nya telah naik 20 persen sampai USD205 juta pada tahun lalu. Pada pasar search-engine yang sangat ketat, Ask.com tidak kuat melawan para pesaingnya yang secara konstan selalu meluncurkan fitur-fitur baru.
            Ask.com dan Ask Jeeves mewakili semangat dari era Web 1.0. Karena hari ini search engine Ask.com mengakhiri layanan mesin pencarinya, maka pasar search-engine kini jelas milik Google dan Microsoft.
Source: Ask.com –  Search Engine Ask Akhiri Layanan Mesin Pencarinya






1 komentar: